Skip to main content

Kampus Idaman

Kampus Idaman: Cluenya, Gudang Mantu



Sedikit menengok ke belakang. Tepat aku inget banget tanggal 13 Juni 2017, aku merasakan patah hati terberat pertamaku (hahaha lebay tapi beneran potek banget😭). Lucunya bukan seorang cowo atau fakboi yang mematahkan hatiku, tetapi salah satu universitas ternama di Pulau Jawa. Iyes, bener kalau kalian perhatiin foto di atas, ia adalah Universitas Gadjah Mada (UGM). 

Unik banget kalau aku inget-inget lagi dari awal aku pengen masuk ini kampus sampai akhirnya berujung patah hati. Well, first of all, aku bukan orang yang dari dulu gencar cari sekolah negeri, bahkan kalau disuruh milih lebih milih swasta aja. Puji Tuhan keluarga dicukupkan Tuhan untuk bisa bersekolah di swasta, tapi dulu jujur stigma sama sekolah negeri tu kayaknya pergaulannya bebas, aneh-aneh gitu 😅 maap, no offense, biasa anak rumahan belum tahu dunia luar.

Oke lanjut, sampai akhirnya duduk di kelas 11, masa-masa SMA yang belum kepikiran mau kuliah apa dan dimana, masih haha hihi, tapi tiba-tiba kepincut pengen masuk UGM. Kalau ditanya lagi, "kenapa bisa pengen masuk UGM?" jujur aku bakal jawab gatau... yang terekam di memoriku ya tiba-tiba aja pengen, UGM cuy! Akhirnya cari-cari tahu gimana cara dan prosedur masuk PTN, karena well aku ga pernah urus beginian, kalo swasta kan tinggal daftar, ikut tes, yaudah masuk😂. Oke, mantap akhirnya dah tau prosedurnya, ada SNMPTN (jalur rapot), SBMPTN (jalur test) dan juga biasa mereka provide jalur ujian mandiri, kalo UGM namanya dulu UTUL. 

Long story short, aku ga memenuhi syarat untuk bisa daftar SNMPTN yaudahhh aku masih selow dan ga mau banyak kepikiran yang penting fokus sama SBMPTN. Jujur ini masa-masa berat, karena aku milih jurusan soshum semua (well, Hubungan Internasional semua), dan aku ada di penjurusan IPA di SMA :") Kebayang kan, harus belajar mati-matian buat ujian IPA, dan juga harus prepare belajar dari awal bahan-bahan anak IPS? #TimSalahJurusan
Oke mantap, pokoknya sampai beli buku Wangsit yuuu knooww kann yang pejuang SBM disinii😂😂 bukuu ampuhhh masuk PTN katanyaaaa. Yes yes aku bener-bener belajar darisana jawab-jawab soal yang susah gila. Ekonomi🤢 aku paling kagok deh sama pelajaran yang satu ini. Dan pastinya, bersyukur juga papa mama bisa kasi fasilitas aku bisa les di salah satu lembaga bimbel di Renon, Bali.

Yess di SSC di Renon 😂
Ada yang les di sini jugaa, semeton?


Dan akhirnya... udah smua berlalu, udah ikutin SBMPTN dan pulang ke rumah. Tapi jujur setelah ikut SBMPTN itu nyaliku jadi ciut, karena susah hancur soalnya😭 dan aku bener-bener ga PD sama performance ku waktu kerjain soal-soalnya. Yasudah kalau kata meme-meme, datang, kerjakan, dan lupakan hahaha....

Sudah 13 Juni 2017, dan akhirnya baru memberanikan buka website pengumumannya siang atau sore gitu, dan hasilnya...? Ambyar guyss 😭 ga ada satu pun target PTN yang tembus. UGM, Undip, bahkan kampus di kampung halaman sendiri, Udayana ga tembus guys.... Kacau dan hancur banget sih rasanya. Aku sampe reload entah berapa kali dan masih berharap itu web keload dan hasilnya at least salah satu tembus, then memang kenyataannya tidak guys.




Ga kesampean deh pengen bisa foto ala-ala foto di atas, dimana udah sah jadi anak UGM, bentuk barisan lucu dan uniknya khas UGM. Atau mungkin pembukaan ospek dihadiri dan bisa melihat langsung wajah Bapak Ganjar Pranowo. Ambyar banget, padahal udah sampe cek lokasi dan kos-kosan dan papa dah mau hampir bayar uang DP😂 seyakin dan seoptimis itu.
Tapi Tuhan berkata lain, bukan UGM pintuku...

Ada yang punya cerita serupa? Siapa (PTN) yang nolak kalian?

Comments

Popular posts from this blog

Om Swastyastu

Om Swastyastu (source: unsplash.com) means halo dalam Bahasa Bali. Untuk memulai hal baru, dan pertemuan yang baru, aku ucapkan halo semua dan selamat datang di blogku yang sangat amat sederhana. Sebelum-sebelumnya sudah pernah membuat blog dan isinya tentang salah satu fandom (iya waktu itu masih SD - SMP aku buat blognya😅). Nah membuat kembali blog ini sebenarnya sifatnya akan lebih bersifat personal, bukan private, tetapi akan lebih bercerita, berkeluh kesah, bersyukur soal kehidupan, sesuai namanya Renjana - Senandika. Memang aku sedang di usia yang sedang galau-galaunya, lagi cari yang namanya passion, sering bertanya-tanya, masih banyak hal-hal yang tak pasti berenang di kepalaku. Dan berharapnya senandika ku ini bisa menjadi teman, pembelajaran, forum kita untuk saling diskusi dan berbagi cerita nantinya. Well, let's do it!

Kampus Idaman: Abu-abu Butek

Tolong bilang aku kalau ada yang berhasil move on dengan cepat setelah ditolak sama kampus idamannya😜 Kalo aku sih engga, jujur. Sebenernya untuk move on dan bisa nerima aku udah kuliah di tempat yang lain itu cepet banget, dan ga ada menggerutu samsek juga, tapi ga move onnya tu di bagian rada risih dan sensi kalo denger kata  UGM. Kayak langsung ke- trigger gitu😅 Contoh realnya, waktu udah kenal dunia kampus, aku mulai ikut-ikut yang namanya Model United Nations dan pastinya saya akan bertemu banyak sekali manusia yang berasal dari universitas ternama sampai yang belum pernah aku denger nama univnya. Dan ofkros, kalo kenalan sama temen baru yang dari UGM, pasti langsung terplesbek ke masa kelam hahahah, dan agak ambyar jadinya. Tapi ga benci suueeerrr✌ Cuma ya gituu, masih terekam pedihnya. Ya ga sih? Kalian gitu ga sih? Sensi-sensi gitu? Tapi ga agresif langsung pengen mundur dari perkenalan ( kita harus legowo kan ya? dewasa kan ya? ehe).  Apa sih yang buat sedih?